The title of your home page You could put your verification ID in a comment

Tuesday, November 1, 2011

Mengapa menggunakan RFID dan Mengapa menggunakan Barcode.

Mengapa menggunakan RFID dan Mengapa menggunakan Barcode.

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) merupakan inti dari sebuah system Contactless Smart Card (CSC). Oleh karenanya diperlukan pengetahuan mengenai teknologi RFID untuk mendalami teknologi CSC. Pembahasan mengenai teknologi RFID pada kali ini akan ditinjau secara meluas dan tidak dibatasi pada aplikasi smart card.
Teknologi RFID pada dasarnya merupakan teknologi identifikasi secara automatis, pembahasan mengenai teknologi ini tak lepas dari teknologi identifikasi automatis lainnya yang sudah ada khususnya barcode.
Barcode merupakan teknologi identifikasi yang cukup banyak digunakan dan kini mulai tergeser fungsinya oleh teknologi RFID. Sehingga, pembahasan RFID tidak akan lepas dari keberadaan barcode khususnya pada bidang logistik dan inventori.
Teknologi ini dimanfaatkan dengan menempelkan barang atau produk dengan suatu kode digital berbentuk label barcode. Kode tersebut terhubung dengan basis data yang kemudian merepresentasikan keberadaan barang atau produk.
Barcode sebagai teknologi identifikasi pada implementasinya telah terbukti memberikan kontribusi efisiensi dan efektifitas cukup tinggi. Tetapi, hal ini tak terlepas dari kelemahannya yaitu kendala optis yang cukup mengganggu. Kelemahan ini disebabkan oleh karakteristik optis yang memerlukan kondisi tertentu untuk dapat digunakan. Setidaknya diperlukan kondisi tatap muka (Line of Sight –LOS), posisi pembacaan yang akurat dan label kode yang bersih untuk pembacaan barcode yang sempurna. Bila salah satu kondisi tidak terpenuhi maka identifikasi akan gagal.

Perbandingan system RFID dengan Barcode

0 comments:

Post a Comment