The title of your home page You could put your verification ID in a comment

Tuesday, November 1, 2011

Perbandingan Sistem RFIDvsBARCODE

Apa itu RFID ?
RFID, adalah istilah umum untuk teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk secara otomatis mengidentifikasi orang-orang atau benda. Adabeberapa metode identifikasi, tetapi yang paling umum adalahuntuk menyimpan nomor seri yang mengidentifikasi orang atau objek, dan mungkin informasi lain, pada microchip yang terpasang pada antena (chip dan antena bersama-sama disebut RFID transponder atau sebuah tag RFID). Antena memungkinkan chip untuk mengirimkan informasi identifikasi untuk pembaca.Reader mengubah gelombang radio yang dipantulkan kembali dari tag RFID menjadi informasi digital yang kemudian diteruskan ke komputer yang dapat memanfaatkannya.

Apakah RFID lebih baik dari barcode?
RFID tidak selalu "lebih baik" dari barcode . Keduanya adalah teknologi yang berbeda dan memiliki aplikasi yang berbeda,yang kadang-kadang tumpang tindih. Perbedaan besar antara keduanya adalah barcode harus “line-of-sight”. Artinya,scanner harus "melihat" barcode untuk membacanya, yang berarti orang biasanya harus mengarahkan barcode menuju scanner itu untuk dibaca. RFDI, sebaliknya tidak memerlukan “line of sight”. RFID tag dapat dibaca selama mereka berada dalam jangkauan reader. Barcode memiliki kekurangan lain juga. Jika label telah robek atau kotor atau telah jatuh, maka tidak ada cara untuk memindai item,dan barcode standar hanya mengidentifikasi produsen dan produk, bukan item yang unik. Barcode pada satu karton susu sama satu sama yang lain, sehingga mustahil untuk mengidentifikasi mana yang lebih dahulu tanggal kedaluwarsanya.


RFID akan menggantikan barcode?
Ini sangat tidak mungkin. barcode yang murah dan efektif untuk tugas-tugas tertentu, tapi RFID dan barcode akan hidup berdampingan selama bertahun-tahun.

Apakah RFID baru?
RFID merupakan teknologi yang telah terbukti setidaknya sejak 1970-an. Sampai sekarang, telah dianggap terlalu mahal dan terlalu terbatas untuk dijadikan aplikasi komersial. Tetapi jika tag dapat dibuat cukup murah, mereka dapat memecahkan banyak masalah yang terjadi pada barcode. Gelombang radio berjalanan melalui sebagian besar bahan non-logam, sehingga mereka dapat ditanam dalam kemasan atau terbungkus dalam plastik pelindung agar tahan cuaca dan daya tahan yang lebih baik. Dan tag memiliki microchip yang dapat menyimpan nomor seri yang unik untuk setiap produk yang diproduksi di seluruh dunia.

0 comments:

Post a Comment